100% FREE

Jumat, 18 Februari 2011

100% LULUS


Meskipun setiap tahun grade nilai untuk kelulusan Ujian Nasional semakin meningkat, namun SMK PGRI 2 Malang mencanangkan target kelulusan siswanya adalah 100%. Ini adalah target yang realistis dan untuk mencapainya tentu saja butuh kerja keras dari seluruh warga sekolah. Tingkat kelulusan 100% dalam ujian nasional  mempunyai arti bahwa semua siswa dari semua jurusan dapat memenuhi minimal nilai kelulusan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional. 

Tekat kelulusan 100% ini pun mendapat liputan dari media massa yang terkenal di Kota Malang. Inilah liputan selengkapnya tentang target kelulusan 100% yang dimuat di Harian Malang Post, Selasa, 15 Februari 2011. 

SMK PGRI 2 Kota Malang menargetkan kelulusan 100 persen untuk pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2011 mendatang. Berbagai upaya pun dilakukan untuk mengulang sukses yang pernah diraih tahun sebelumnya. Salah satunya dengan menggelar sosialisasi UN kepada orang tua dan juga siswa kelas XII. 
“Orang tua juga perlu mendapatkan sosialisasi UN, karena tahun ini ada format baru dalam penilaian UN untuk penentu kelulusan bagi siswa,” ungkap Suprijana S.Pd yang ditemui di sekolah usai acara sosialisasi dan istighotsah di SMK PGRI 2 Kota Malang Senin (14/2) lalu. 
Dalam paparannya, Suprijana menjelaskan usaha yang telah dilakukan sekolah dan siswa untuk persiapan UN ini di antaranya adalah menambah jam belajar untuk pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris. Mengadakan try out UN dengan berbagai jenis soal serta istighotsah dan doa bersama. 
Lebih jauh pria ramah ini menjelaskan UN tahun ini dilaksanakan tanpa ujian ulangan, atau hanya dilaksanakan satu kali saja. Khusus bagi siswa yang sakit saat UN utama, masih berkesempatan mengikuti UN susulan yang dilaksanakan setelah UN utama. Khusus SMK, ujian praktik kejuruan dilaksanakan paling lambat satu bulan sebelum UN utama. Ujian teori kejuruan ini dilaksanakan sekolah dengan soal dari pusat. 
UN 2011 lanjutnya tidak lagi menjadi satu-satunya penentu kelulusan. Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditentukan sendiri oleh sekolah berdasarkan rapat dewan guru dengan menggunakan criteria diantaranya, menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan, kepribadian, estetika, jasmani dan olahraga serta kesehatan. Syarat lainnya, lulus ujian sekolah atau madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi serta lulus UN. Ia juga menyampaikan rumus penentuan kelulusan yang ditetapkan pemerintah dimana rata-rata akhir nilai seluruh ujian minimal 5,5. 
Agenda ujian tahun ini akan dimulai dengan praktik ujian kompetensi kejuruan (UKK) pada 16 Februari sampai 19 Maret. Teori UKK dilaksanakan pada 15 Maret, ujian sekolah pada 16 Maret-23 Maret. UN utama pada 18-20 April dan UN susulan pada 25-27 April.
“Saat ini sudah empat kali try out kami laksanakan dan masih belum mencapai 100 persen, karena itu pembinaan kepada siswa akan lebih dimatangkan,” tegasnya.
Usai mendapatkan sosialisasi mengenai format baru UN 2011, para orang tua yang hadir juga diajak untuk doa bersama serta istighosah. Acara yang dipusatkan di Musala sekolah ini dipimpin langsung oleh guru Agama SMK PGRI 2, Usman Pamuji. Dengan khusuk mereka memohonkan agar putra-putri mereka bisa mendapatkan kemudahan dan kesuksesan dalam menyelesaikan studi bersama SMK PGRI 2 Kota Malang.

Mitra Advertorial