100% FREE

Rabu, 08 Desember 2010

Pengaruh Implementasi Program Praktek Kerja Industri (Prakerin)

oleh: Saidah Nihayati*

Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional yang merupakan perpaduan antara pendidikan disekolah dan pendidikan pelatihan keahlian dalam dunia kerja/dunia industri. PRAKERIN akan meningkatkan motivasi belajar siswa karena siswa terjun secara langsung dalam dunia kerja/industri yang memerlukan pembelajaran dan keahlian intensif. Dengan adanya motivasi belajar tersebut, akan mendorong siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji secara empiris pengaruh implementasi program PRAKERIN terhadap prestasi belajar siswa kelas XI program keahlian Akuntansi SMK PGRI 2 Malang, (2) menguji secara empiris pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI program keahlian Akuntansi SMK PGRI 2 Malang, (3) menguji secara empiris pengaruh antara implementasi program PRAKERIN dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI program keahlian Akuntansi SMK PGRI 2 Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi karena menguji hubungan antar variabel yang dihipotesiskan yaitu Implementasi program PRAKERIN dan Motivasi belajar sebagai variabel bebas, sedangkan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK PGRI 2 Malang program keahlian Akuntansi, pengambilan sampel menggunakan teknik sampling aksidental.Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan persentase dan regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa implementasi program PRAKERIN dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI program keahlian Akuntansi SMK PGRI 2 Malang, Pengaruh Implementasi program PRAKERIN dan motivasi belajar ditunjukkan oleh nilai R Squere  sebesar 0,414 hal ini menunjukkan sebesar 41,4% prestasi belajar dipengaruhi oleh dua variabel bebas yaitu implementasi program PRAKERIN dan motivasi belajar, sisanya sebesar 58,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil program PRAKERIN yang mampu menyinkronkan antara teori disekolah dan praktik dilapangan akan memberikan motivasi dan bangga dalam belajar, sehingga prestasi belajar siswa akan meningkat. Sehingga dapat dikatakan bahwa implementasi program PRAKERIN yang baik dan motivasi belajar  yang tinggi mampu mempengaruhi terhadap prestasi belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi program PRAKERIN dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI program keahlian Akuntansi SMK PGRI 2 Malang. Sehingga dapat diberikan saran sebaiknya program PRAKERIN dilaksanakan lebih baik dengan cara meningkatkan kerjasama pihak sekolah dan pihak dunia kerja serta sosialisasi pengajar terhadap siswa tentang manfaat program PRAKERIN. Disamping itu peningkatan motivasi belajar harus ditingkatkan sehingga dapat meraih prestasi belajar dengan hasil maksimal.

* penulis adalah seorang mahasiswa UM
(Sumber: http://www.infoskripsi.com/Abstrak/Pengaruh-Implementasi-Program-Pendidikan-Sistem-Ganda.html)

Mitra Advertorial